Laman

tes

Selasa, 29 Mei 2012

Penyebab Orang Menjomblo Seumur Hidup

jomblo [DuniaQ Duniamu]

Apa yang membuat seseorang memilih jomblo seumur hidup? Menurut Master Of Psychological Science Lita Gading, di zaman sekarang ini terutama di ibukota, banyak hal yang memfasilitasi orang untuk terus menjomblo.

"Media-media yang memfasilitasi orang untuk sendiri-sendiri sudah banyak. Tempat hang out banyak, mall banyak, internet. Orang bisa menikmatinya tanpa melakukannya dengan komitmen. Dia sudah enjoy sendiri sehingga nggak mau peduli lagi," ujar Lita saat berbincang dengan wolipop melalui telepon.

Lita yang mempelajari psikologi di Universitas Lingnan, Hong Kong itu mengatakan, dia memiliki cukup banyak teman, klien dan pasien dengan permasalahan jomblo seumur hidup ini. Dari pengamatannya, setelah dilihat lebih jauh, sebenarnya ada penyebab lain kenapa pada akhirnya seseorang tak kunjung punya kekasih atau menikah.

"Biasanya yang paling dominan trauma, pernah disakiti seseorang. Ada beberapa klien saya seperti itu," kata Lita.

Selain trauma dan gaya hidup, pengaruh orangtua dan lingkungan terdekat juga bisa jadi penyebab orang memilih tak punya pacar atau menikah. Misalnya karena orang tersebut dibesarkan oleh orangtua yang pernikahannya tidak harmonis.

Lita melihat, di zaman sekarang ini, terutama di kota-kota besar, cukup banyak juga orang berpenghasilan tinggi, terutama wanita, yang enggan mencari kekasih. "Mereka memiliki penghasilan dan jabatan yang baik. Menjadi terlalu mandiri. Buat seorang perempuan ini bisa membatasi dia, egonya muncul," jelas wanita yang juga lulus dari Fakultas Psikologi Pascasarjana Universitas Indonesia itu.

Orang yang tak mau terlibat komitmen biasanya juga karena sudah terlalu merasa nyaman dengan kesendiriannya. Mereka jadi tidak mau bertanggungjawab untuk berkomitmen atau berkompromi dengan orang lain.

0 komentar:

Posting Komentar

Ayo Berkomentarlah Dan Saling Sharing Dengan Pengunjung WebUnik Lainnya.... Jangan Komentar Yang Mengandung SARA Yah Gan!!


[ Mohon maaf jika komentar anda tidak di balas karna ada banyak komentar yang masuk.. silahkan jika ada pertanyaan,kritik maupun saran kirim ke e-mail : webunik27@gmail.com ]

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...