Laman

tes

Jumat, 01 Juni 2012

Tips Cegah Susah Tidur

DuniaQ Duniamu

Gangguan tidur atau insomnia seolah sudah menjadi sahabat, sekarang ini. Semakin Anda sibuk, semakin sering sulit tidur.


Tapi jangan langsung mengambil obat tidur untuk mengatasi masalah sepele seperti ini. Efek sampingnya, Anda bisa kecanduan, karena obat ini biasanya memiliki kandungan zat adiktif. Obat-obatan ini juga kerap dikaitkan dengan kerusakan pada fungsi hati.

"Cara tidur yang alami adalah yang paling baik," demikian dikatakan Joanne Getsy, MD, direktur medis dari Sleeping Center di Drexel University College of Medicine, Drexel Philadelphia.

Bahan-bahan alami seperti teh dari chamomile, lavender, dan valerian dapat digunakan untuk menghalau masalah ini. Anda tinggal menyeduhnya, sebagai minuman penghangat tubuh sebelum tidur. Atau jika ingin mencoba alternatif lainnya, coba cara berikut:

- Aromaterapi lavender
Aroma lavender disarankan untuk mengusir gangguan insomnia dan kegelisahan. Anda bisa mendapatkannya melalui minyak aromaterapi lavender yang dibakar.

Aroma yang meyelimuti ruangan akan seketika membuat kantuk. Jika ingin membuat sendiri, campurkan bunga lavender dengan air, Anda tinggal menyemprotkannya pada bantal.

Atau pilihan lain yang lebih ampuh, campurkan beberapa tetes minyak lavender dengan wewangian seperti almond atau zaitun, oleskan tepat di bawah hidung saat Anda menginginkan tidur yang lebih cepat.

- Menikmati susu
Salah satu zat yang dapat membantu Anda mendatangkan kantuk adalah triptofan, asam amino yang meningkatkan kadar serotonin di otak.

Studi menunjukkan bahwa mengkonsumsi triptofan dapat membantu Anda untuk tidur dengan cepat. Anda bisa mendapatkannya dari berbagai jenis produk susu. Tidak ada salahnya menyediakan segelas susu untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

- Musik
Alunan musik yang santai juga dapat meringankan insomnia. Anda disarankan untuk mendengarkan lagu-lagu ini saat sulit tidur. Rasakan efek relaksasinya sambil memejamkan mata.

1 komentar:

Ayo Berkomentarlah Dan Saling Sharing Dengan Pengunjung WebUnik Lainnya.... Jangan Komentar Yang Mengandung SARA Yah Gan!!


[ Mohon maaf jika komentar anda tidak di balas karna ada banyak komentar yang masuk.. silahkan jika ada pertanyaan,kritik maupun saran kirim ke e-mail : webunik27@gmail.com ]

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...