Laman

tes

Jumat, 18 Mei 2012

Makanan yang Memicu Tubuh Hasilkan Banyak Lendir

susu [DuniaQ Duniamu]

Lendir adalah cairan yang normal dihaslkan oleh tubuh. Semua organ tubuh yang memiliki lapisan mukosa akan terus menerus mengeluarkan lendir agar menjaga permukaannya tetap basah dan berpelumas. Makan atau minum juga akan meningkatkan jumlah lendir yang melumasi bagian belakang mulut.


Lendir yang tidak sehat terbentuk karena reaksi tubuh terhadap zat asing sehingga berwarna keruh, kental dan lengket. Lendir yang tidak sehat berkaitan dengan penyakit seperti sinusitis, penyakit pernapasan dan kanker. Lendir ini sering disebut ingus.

Makanan juga dapat mempengaruhi produksi lendir manusia. Beberapa jenis makanan dapat meningkatkan produksi lendir. JIka sedang pilek, maka efeknya yang terasa adalah jadi lebih sering meler.

Sayur dan buah bisa dikatakan hampir tidak akan menyebabkan pembentukan lendir, kecuali pisang yang dimatangkan dengan gas, sulfur atau proses non alami lainnya. Seperi dilansir JamaicaGleaner.com, berikut adalah makanan yang dapat menyebabkan produksi lendir berlebihan.

1. Susu
berbagai produk susu sapi dapat mempercepat dan memperbanyak pembentukan lendir. Produk-produk susu misalnya susu, susu skim, mentega, keju, krim dan yoghurt. Susu kambing lebih sedikit memicu pembentukan lendir dibandingkan susu sapi.

2. Daging
Daging merah, daging ikan, unggas dan telur hampir sama efeknya dalam membentuk lendir seperti produk susu. Daging memang tidak terlalu mempengaruhi sistem pernafasan kurang, tetapi jumlah lendir yang dihasilkan masih cukup tinggi.

3. Gluten
Makanan yang mengandung gluten seperti gandum atau barley adalah makanan penghasil lendir. Gluten merupakan zat yang dapat melengketkan molekul dan membutuhkan produksi asam lambung berlebih agar dapat dicerna. Makanan lain yang mengandung gluten adalah roti, makanan yang dipanggang, pasta dan sereal.

4. Kacang kedelai
Kacang kedelai merupakan sumber protein nabati yang paling banyak membentuk lendir. Aktivitas pembentukan lendir yang diakibatkan serupa dengan daging, ikan, telur dan mendekati produk susu.

5. Madu
Madu bervariasi pengaruhnya dalam aktivitas pembentukan lendir, tergantung asal bahan baku tanaman yang digunakan untuk memproduksinya. Madu Eucalyptus adalah salah satu jenis yang cukup tinggi menyebabkan aktivitas pembentuk lendir.

6. Suplemen makanan
Suplemen seperti bubuk protein sangat banyak membentuk lendir karena mengandung kedelai, telur, susu dan produk turunan daging.
 Sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Ayo Berkomentarlah Dan Saling Sharing Dengan Pengunjung WebUnik Lainnya.... Jangan Komentar Yang Mengandung SARA Yah Gan!!


[ Mohon maaf jika komentar anda tidak di balas karna ada banyak komentar yang masuk.. silahkan jika ada pertanyaan,kritik maupun saran kirim ke e-mail : webunik27@gmail.com ]

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...