Laman

tes

Selasa, 19 Juni 2012

Malaysia Serius Kembangbiakkan Domba Garut (asal jangan di klaim jadi domba malaysia aja ya gan??)







Jakarta - Kegiatan perdagangan Domba Garut ke Malaysia sudah terjadi sejak tahun 2000 lalu. Selain rajin impor domba hidup, mereka juga mengembangbiakkan domba-domba asal Indonesia.

Wakil Ketua DPD Perhimpunan Peternak Sapi dan Kerbau Indonesia (PPSKI) Sumatera Utara Elianor Sembiring mengatakan awalnya negeri jiran itu banyak impor domba hidup dari Australia.

Mereka akhirnya mengalihkan permintaanya ke Indonesia. Malaysia menganggap domba Indonesia lebih berkualitas karena memakan rumput, dibanding domba Australia yang mengkonsumsi konsentrat.

"Sudah sejak lama, sejak 2000, Malaysia sudah banyak meminta domba dari Indonesia (Sumatera), cuma karena suplai tebatas, mereka meminta dari Jawa, sudah banyak. Yang ke saya saja orang Malaysia banyak datang," katanya kepada detikFinance, Selasa (19/6/2012)

Menurut Elianor, kini beberapa perusahaan perkebunan karet di Malaysia mengintegrasikan perkebunannya dengan peternakan domba. Negeri jiran itu awalnya belajar mengembangkan domba di lahan karet di Medan Sumatera Utara.

"Dulu mereka belajar sama saya, cuma mereka kuat uangnya sehingga bisa mengembangkan sendiri, kalau kita asal proyek saja seperti di PTPN. Tahun 1989 mereka belajar sama saya di Sungai Putih. Mereka sudah mengembangkan melalui Rubber Research Institute of Malaysia (RRIM). Lokasinya di Johor, paling banyak," katanya.

Sebelumnya para peternak Domba Garut khawatir, domba unggulan Jawa Barat ini akan diklaim Malaysia. Mereka beralasan belum ada upaya dari pemerintah untuk memastikan pemurnian genetika Domba Garut.

"Saya meneruskan kehwatiran teman-teman dari pelaku peternak kalau Domba Garut itu akan diklaim oleh Malaysia, atau negara lain," ungkap Ketua Perhimpunan Petani dan Nelayan Sejahtera (PPNSI) Jawa Barat, Bahruzin.

0 komentar:

Posting Komentar

Ayo Berkomentarlah Dan Saling Sharing Dengan Pengunjung WebUnik Lainnya.... Jangan Komentar Yang Mengandung SARA Yah Gan!!


[ Mohon maaf jika komentar anda tidak di balas karna ada banyak komentar yang masuk.. silahkan jika ada pertanyaan,kritik maupun saran kirim ke e-mail : webunik27@gmail.com ]

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...