Laman

tes

Rabu, 30 Mei 2012

Mengunyah Permen Karet Terus-Terusan Bisa Bikin Otak Kacau !!

DuniaQ Duniamu
Mengunyah permen karet terkadang bisa mengatasi rasa kantuk, sehingga otak bisa lebih konsentrasi dalam mengerjakan atau mengingat sesuatu. Namun sebaiknya jangan berlebihan, karena ingatan malah kacau kalau terus-terusan mengunyah.

Beberapa waktu yang lalu, sebuah penelitian membuktikan bahwa otak bisa bekerja dengan lebih baik jika seseorang siswa mengunyah permen karet sebelum masuk ruang ujian. Kegiatan mengunyah yang hanya dilakukan selama 5 menit itu terbukti bisa memperbaiki hasil ujian.

Namun sepertinya efek ini tidak akan didapatkan jika terlalu lama mengunyah, apalagi kalau dilakukan terus-terusan sepanjang hari. Menurut penelitian terbaru di Cardiff University, terus-terusan mengunyah permen karet malah bisa mengacaukan otak sehingga gampang lupa.

Menurut para peneliti, terganggunya fungsi ingatan disebabkan oleh gerakan rahang dan bibir yang selalu konstan selama mengunyah permen karet. Seperti halnya mengetuk-ngetukkan jari atau menghentak-hentakkan kaki, mengunyah juga bisa merusak konsentrasi.

Dampak yang paling gampang dirasakan adalah kesulitan untuk mengingat deretan kata. Para peneliti mengujinya dengan memperdengarkan 7 kata secara beruntun, lalu partisipan diminta mengingat dan mengulang kata-kata tersebut dalam waktu 10 menit.

Partisipan yang sedang mengunyah permen karet saat deretan kata itu diperdengarkan cenderung sulit mengingat kata-kata tersebut. Sebaliknya yang tidak sedang mengunyah, jumlah kata yang bisa diingat dan disebutkan ulang dengna benar cenderung lebih banyak.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan mengunyah permen karet mengganggu fungsi ingatan jangka pendek. Dikutip dari MSNBC, gangguan fungsi ingatan termasuk berat jika sampai tidak bisa mengingat dengan benar ketujuh kata tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

Ayo Berkomentarlah Dan Saling Sharing Dengan Pengunjung WebUnik Lainnya.... Jangan Komentar Yang Mengandung SARA Yah Gan!!


[ Mohon maaf jika komentar anda tidak di balas karna ada banyak komentar yang masuk.. silahkan jika ada pertanyaan,kritik maupun saran kirim ke e-mail : webunik27@gmail.com ]

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...