Laman

tes

Senin, 25 Juni 2012

8 Tips Penting saat Liburan ke Mesir

DuniaQ Duniamu

Menawarkan keindahan Piramida, Sphinx dan bangunan peradaban kuno lainnya, Mesir menjadi perhatian wisatawan dunia. Mau berpelesiran ke Mesir? Perhatikan dulu 8 kiat penting ini!

Negara di timur laut Afrika ini menjadi salah satu destinasi wisata populer. Di negara ini wisatawan akan diajak untuk menengok tempat-tempat yang memiliki nilai sejarah dan arsitektur mengagumkan.

Namun, perbedaan cuaca, waktu, makanan, dan transportasi menjadi permasalahan umum saat melakukan perjalanan ke luar negeri, tidak terkecuali Mesir. Berikut 8 hal penting yang disusun d'Traveler saat berlibur ke Mesir :

1. Perhatikan iklim

Iklim menjadi perhatian yang sangat penting. Anda pun harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan sangat teliti. Mulai dari obat-obatan, pakaian, dan perbekalan lainnya.

Curah hujan hanya empat kali dalam setahun, jadi untuk kelembaban udara di negara ini nyaris tidak ada, alias kering. Iklim seperti ini membuat wisatawan khususnya dari Indonesia harus mempersiapkannya dengan lengkap.

Jangan lupa bawa pelembab supaya kulit Anda bisa menahan iklim kering di Mesir. Lip gloss juga harus masuk dalam bawaan Anda.

2. Datang di musim yang tepat

Memilih musim untuk liburan di Mesir juga sangat diperlukan. Hal ini bertujuan agar liburan Anda tidak terganggu dan nyaman di Mesir. Ada 4 musim yang berlaku di Mesir, yaitu musim dingin, musim semi, musim panas, dan musim gugur.

Musim panas di Mesir mencapai puncaknya pada bulan Juni sampai September. Suhu udara saat musim panas bisa mencapai 45 derajat celcius, itu hanya di dataran biasa. Beda dengan di gurun yang panasnya bisa mencapai 50 derajat celcius.

Lain lagi bila musim dingin, di Mesir biasanya akan mulai pada bulan Oktober dan berakhir bulan Februari. Suhu udara pada musim dingin berkisar antara 7-18 derajat Celcius.

Bulan Maret-Mei bisa jadi merupakan waktu paling pas untuk Anda berlibur ke Mesir. Ya, karena pada bulan-bulan tersebut Mesir sudah memasuki musim semi.

Sebenarnya, musim semi di Mesir hampir sama dengan suhu udara di Indonesia. Udara di sana terasa sejuk meski cenderung kering dan tidak lembab. Saat musim semi, suhu udara berkisar antara 20-30 derajat celcius.

Jadi, bila Anda berencana traveling ke Mesir ada baiknya mengambil musim dingin atau musim semi. Karena saat musim panas, matahari sangat tidak bersahabat dengan kulit wisatawan Indonesia. Beda dengan turis Eropa yang lebih suka mengisi liburan saat musim panas.

3. Adaptasi dengan makanan

Anda termasuk traveler yang tidak cukup mudah menyesuaikan diri dengan makanan daerah tujuan wisata? Tidak perlu khawatir, Anda bisa mempersiapkannya sebelum keberangkatan.

Makanan di Mesir identik dengan roti-rotian dan bumbunya yang kurang familiar di lidah wisatawan Indonesia. Akan tetapi, tidak ada salahnya bila Anda memberanikan diri mencoba makanan khas Mesir, seperti Tho'miyah dengan roti Isyh.

Kalau sudah sekali mencoba makanan ini, dijamin perut Anda akan kenyang seharian meski hanya menyantap 3 porsi. Untuk urusan harga, Tho'miyah dan roti Isyh hanya sekitar 3 Pound atau sekitar Rp 4.700 saja. Dengan harga yang murah ini, Anda sudah bisa mendapatkan menu sehat penuh gizi.

Bisa juga Anda mencicipi nasi mandi, makanan khas Yaman dengan lauk ayam atau daging kambing. Karena rasanya mirip dengan nasi uduk, jadi cukup bisa beradaptasi dengan lidah Indonesia. Satu porsi nasi mandi menggunakan setengah potong ayam dengan harga sekitar 20 Pound atau Rp 32.000, kalau pakai daging agak sedikit mahal, sekitar 40 Pound atau Rp 63.000 per porsi.

4. Cari restoran Indonesia

Tetap tidak bisa beradaptasi dengan makanan Mesir? Tidak perlu khawatir, Anda bisa mencari restoran Indonesia yang ada di Mesir. Anda bisa mencoba jalan-jalan ke Kota Kairo.

Di Mesir terutama Kairo, Anda bisa menemukan banyak warung-warung yang menjual makanan khas Indonesia. Mau soto Kudus, soto Betawi, masakan ala warung Padang, bakso, mie ayam, tempe, ayam penyet, dan kuliner Indonesia lainnya ada di ibukota Mesir ini.

Untuk mempermudah perjalanan Anda, warung-warung Indonesia berada di kawasan Hay Asyir (Distrik 10), Kairo. Di kawasan inilah biasanya warga negara Indonesia terutama mahasiswa Indonesia banyak bermukim.

Kalau mau yang lebih mudah lagi, Anda bisa mengonsumsi mie instant. Anda tidak perlu repot-repot membawa dari Indonesia. Di Mesir sudah ada Baqala atau supermarket yang menjual dari mi kuah dan mi goreng dengan harga 1,5 Pound atau Rp 2.400.

5. Memilih transportasi

Jangan khawatir soal transportasi, ada banyak moda transportasi terutama di Kairo. Di negara ini terdapat transportasi taksi, metro, dan bus.

Taksi di Mesir tidak terlalu mahal, walaupun terkadang ada supir taksi yang "nakal" memainkan argo. Angka kejahatan dengan taksi di Kairo cukup marak setelah revolusi awal tahun 2011 lalu. Jadi, wisatawan harus selektif memilih taksi agar terhindar dari kejahatan.

Metro merupakan moda transportasi paling populer bagi masyarakat Kairo. Mirip KRL di Jakarta dan harga tiketnya hanya 1 Pound atau Rp 1.600. Ketepatan waktu Metro cukup bisa diandalkan.

Namun, jangan bepergian sendiri tanpa pendamping atau tour guide jika menggunakan metro. Jangan samakan Metro di Kairo dengan Subway di Singapura, Kuala Lumpur, Istanbul atau negara-negara maju lainnya yang sistemnya terintegrasi dengan baik, sehingga wisatawan yang baru berkunjung pun dijamin tidak akan tersesat.

Anda juga bisa memilih bus, angkutan umum yang paling membingungkan karena rutenya yang cukup rumit.

6. Sewa mobil dengan orang Indonesia

Sudah mencoba ketiga transportasi tersebut, ada satu lagi yang dijamin lebih aman dan nyaman, yaitu Rent Car atau penyewaan mobil

Jika Anda menginap di kawasan Hay Asyir, tanyakan pada mahasiswa yang tinggal di sana tempat penyewaan mobil, sekaligus meminta mereka untuk menjadi guide perjalanan Anda. Untuk penyewaan mobil rata-rata dikenakan harga 300 Pound atau sekitar Rp 470.000 per hari.

7. Cari penginapan di lingkungan orang Indonesia

Bila ingin menginap, sebaiknya Anda memilih kawasan Hay Asyir. Di sini Anda bisa menginap di hotel atau wisma yang dikelola oleh mahasiswa Indonesia. Apalagi, bila mereka tahu Anda wisatawan dari Indonesia bisa mendapat sewa dengan harga yang relatif murah.

8. Perbedaan Waktu

Perbedaan waktu antar negara juga akan menimbulkan masalah. Begitupun dengan Mesir dan Indonesia yang memiliki selisih waktu 5 jam. Bila tidak punya banyak waktu lama mengelilingi di Mesir maka usahakan Anda bisa istirahat dan tidur yang cukup di dalam pesawat. Sekitar 11 jam penerbangan akan membantu peristirahatan Anda. Jangan sampai selama liburan di Mesir, jetlag menjadi masalah dan mengganggu jadwal liburan Anda.





26 komentar:

  1. It's going to be ending of mine day, but before end I am reading this impressive post to improve my know-how.

    my web-site ... social bookmarking service

    BalasHapus
  2. I quite like reading through a post that can
    make people think. Also, many thanks for permitting me to comment!



    Stop by my web-site permanent hair straightening

    BalasHapus
  3. What a material of un-ambiguity and preserveness of precious familiarity regarding unpredicted emotions.


    Also visit my web page :: microsoft Points Xbox 360

    BalasHapus
  4. For most up-to-date information you have to pay a quick
    visit world-wide-web and on internet I found
    this site as a finest web site for most up-to-date updates.


    Feel free to visit my web page: Manueldawso.Livejournal.Com

    BalasHapus
  5. Nice post. I learn something totally new and challenging on sites I
    stumbleupon every day. It will always be exciting to read articles from other authors and practice a little something
    from their websites.

    Feel free to visit my website; Unknown

    BalasHapus
  6. Hi there I am so glad I found your blog page, I really found you
    by mistake, while I was searching on Aol for something else, Anyways I am here now
    and would just like to say many thanks for a remarkable post
    and a all round exciting blog (I also love the theme/design), I don't have time to read it all at the moment but I have bookmarked it and also added your RSS feeds, so when I have time I will be back to read a great deal more, Please do keep up the superb job.

    Also visit my web site ... Dragonvale Cheats

    BalasHapus
  7. Hi! I just wish to give you a big thumbs up for your excellent information you have here on this post.
    I am returning to your website for more soon.

    My blog post :: Youtube.Com

    BalasHapus
  8. I am regular visitor, how are you everybody? This piece of writing posted at this site is truly fastidious.


    my site: www.Youtube.com

    BalasHapus
  9. I think everything wrote made a bunch of sense.
    However, what about this? suppose you composed a catchier post title?
    I ain't saying your information isn't good., however suppose you added
    something that grabbed people's attention? I mean "8 Tips Penting saat Liburan ke Mesir" is a little boring. You ought to peek at Yahoo's front page and watch how they write news titles to
    grab viewers to click. You might try adding a video or a pic or two to grab people excited about what you've got to say. Just my opinion, it might bring your blog a little bit more interesting.

    Look at my page :: stretch marks

    BalasHapus
  10. Hello, just wanted to tell you, I liked this blog post.

    It was inspiring. Keep on posting!

    Check out my weblog tattoo removal cream reviews

    BalasHapus
  11. I am really loving the theme/design of your blog. Do you ever run
    into any browser compatibility problems?

    A handful of my blog readers have complained about my site not operating correctly in Explorer but looks great in Firefox.
    Do you have any recommendations to help fix this issue?



    my weblog: PS3 Jailbreak 4.41

    BalasHapus
  12. Nice post. I learn something new and challenging on websites I stumbleupon on a daily basis.

    It will always be interesting to read content from other writers and
    practice something from their sites.

    My weblog :: Microsoft Office Gratuit

    BalasHapus
  13. My family members every time say that I am killing my time
    here at web, except I know I am getting familiarity daily by reading thes nice content.


    Look at my web blog :: World Of Tanks Hack

    BalasHapus
  14. Its not my first time to pay a quick visit this website,
    i am visiting this web site dailly and take pleasant data from here daily.


    Feel free to surf to my blog post; the interlace

    BalasHapus
  15. I have been surfing on-line greater than 3 hours lately, but I by no means found any interesting article
    like yours. It is pretty worth sufficient for me.
    In my opinion, if all site owners and bloggers made just right
    content as you did, the net might be a lot more useful than ever before.



    Feel free to surf to my web blog ... Candy Crush Saga Hack

    BalasHapus
  16. Thanks for a marvelous posting! I definitely enjoyed reading it, you are a great author.
    I will make certain to bookmark your blog and
    will eventually come back in the foreseeable future.
    I want to encourage yourself to continue your great posts, have a nice
    weekend!

    Feel free to visit my site; http://Www.youtube.com/watch?v=vbm6vmcbkhe

    BalasHapus
  17. Hi there, after reading this awesome paragraph i am as well delighted to share my familiarity here with
    friends.

    my web site: Psn Code Generator

    BalasHapus
  18. Pretty! This has been an incredibly wonderful article.
    Thank you for providing this information.

    Feel free to surf to my homepage: Unknown

    BalasHapus
  19. Excellent website. Plenty of useful info here. I am sending
    it to a few friends ans additionally sharing in delicious.

    And certainly, thanks in your sweat!

    Look into my web site: Psn Code Generator

    BalasHapus
  20. It's awesome to pay a visit this web site and reading the views of all mates about this post, while I am also eager of getting know-how.

    My web page Unknown **

    BalasHapus
  21. Whoa! This blog looks just like my old one! It's on a completely different subject but it has pretty much the same page layout and design. Superb choice of colors!

    my blog post; Generateur de Code PSN ()

    BalasHapus
  22. I have been browsing online more than three hours these days, but
    I by no means discovered any fascinating article like yours.
    It is lovely value enough for me. Personally, if all web owners and bloggers made excellent content material
    as you probably did, the web will likely be
    much more useful than ever before.

    Also visit my web blog; install 7Zip

    BalasHapus
  23. Hello there! I could have sworn I've been to your blog before but after browsing through many of the posts I realized it's new to me.
    Anyhow, I'm certainly delighted I found it and I'll be
    book-marking it and checking back often!


    Feel free to surf to my web page; Code Psn Gratuit

    BalasHapus
  24. Thanks designed for sharing such a good thought, piece of writing is nice, thats why i have read
    it fully

    Here is my web-site - Psn code generator

    BalasHapus
  25. Today, I went to the beach front with my children. I found a sea shell and gave it to my 4 year old daughter and said "You can hear the ocean if you put this to your ear." She placed the shell to her ear and screamed.
    There was a hermit crab inside and it pinched her ear.

    She never wants to go back! LoL I know this is entirely off topic but I had to tell someone!



    Here is my web site; Codes Psn Gratuit

    BalasHapus
  26. If some one wishes expert view on the topic of running a blog afterward i advise
    him/her to go to see this web site, Keep up the pleasant job.


    Feel free to surf to my web site - minecraft crack

    BalasHapus

Ayo Berkomentarlah Dan Saling Sharing Dengan Pengunjung WebUnik Lainnya.... Jangan Komentar Yang Mengandung SARA Yah Gan!!


[ Mohon maaf jika komentar anda tidak di balas karna ada banyak komentar yang masuk.. silahkan jika ada pertanyaan,kritik maupun saran kirim ke e-mail : webunik27@gmail.com ]

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...